Mengungkap Manfaat Penghijauan Hidroponik yang Perlu Anda Ketahui

apa manfaat penghijauan hidroponik
Apa Manfaat Penghijauan Hidroponik

Apa Manfaat Penghijauan Hidroponik

Saiful Huda - Hidroponik adalah metode menanam tanaman di lingkungan berbasis air. Hidroponik pada awalnya diciptakan sebagai alternatif untuk berkebun berbasis tanah tradisional, tetapi saat ini hidroponik lebih sering digunakan oleh tukang kebun rumahan dan petani.

Penghijauan hidroponik adalah salah satu jenis pertanian hidroponik yang paling populer karena dapat melakukan begitu banyak hal untuk tanaman Anda dan juga relatif untuk isi dompet! Lalu apa manfaat penghijauan hidroponik? Simak ulasanya di bawah ini :

1. Pemanenan sepanjang tahun

Penghijauan hidroponik adalah cara terbaik untuk menanam tanaman yang tidak sesuai dengan iklim. Misalnya, jika Anda tinggal di zona beriklim sedang dan dimana biasanya terlalu panas atau dingin untuk beberapa jenis sayuran maka menanamnya secara hidroponik akan memungkinkan Anda dapat memanennya sepanjang tahun.

Selain itu, jika Anda menginginkan sayuran tertentu tetapi tidak sesuai dengan iklim atau cuaca di lahan pertanian Anda (atau di mana pun). maka menanamnya secara hidroponik bisa menjadi alternatif yang bagus dan memungkinkan panen sepanjang tahun tanpa harus bergantung pada musim-dan ini berarti lebih sedikit pekerjaan!

2. Sistem akar yang tidak terganggu

Sistem perakaran tidak terganggu oleh tanah atau air, hama atau gulma. Sistem perakaran tidak terganggu oleh pemadatan tanah, erosi dan keasaman.

3. Lingkungan yang lebih terkontrol untuk tanaman

Hidroponik menawarkan lingkungan yang lebih terkontrol untuk tanaman. Penanam mengontrol suhu, kelembaban, dan tingkat cahaya untuk memberikan kondisi optimal bagi pertumbuhan tanamannya. Ia juga dapat mengontrol tingkat nutrisi dan pH sehingga kesehatan setiap tanaman individu dipertahankan pada tingkat yang optimal.

Manfaat utama hidroponik adalah memungkinkan petani untuk memanipulasi siklus pertumbuhan tanaman mereka menggunakan jadwal pencahayaan, nutrisi, dan penyesuaian pH sesuai kebutuhan - semua tanpa harus bergantung pada pestisida atau pupuk kimia (yang dapat berbahaya).

3. Tidak ada masalah tanah seperti hama atau gulma yang harus dihadapi

Dalam dunia hidroponik, Anda tidak perlu khawatir tentang hama dan gulma. Tidak ada pestisida atau pupuk yang perlu dikhawatirkan. Karena tidak ada tanah yang terlibat maka tidak diperlukan penyiangan dan mengolah tanah kebun Anda (yang bisa jadi sulit jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya).

4. Keserbagunaan dalam penempatan tanaman

Penghijauan hidroponik adalah sistem serbaguna. Hal ini memungkinkan Anda untuk menanam tanaman dalam wadah, ruang vertikal, rumah kaca dan bahkan ruang bawah tanah!

5. Ada banyak manfaat menanam tanaman secara hidroponik

  • Tidak memerlukan area halaman yang luas.
  • Anda dapat berkebun dan panen sepanjang tahun.
  • Buah tanaman lebih banyak karena tidak sering diserang serangga.
  • Lebih mudah untuk mengontrol lingkungan daripada berkebun berbasis tanah.

Kesimpulan

Hidroponik adalah cara yang bagus untuk menanam tanaman dan ada banyak hal dari "apa manfaat penghijauan hidroponik", tetapi ada beberapa hal penting yang harus Anda ingat. Untuk satu hal, mungkin lebih mahal daripada menanam tanaman di tanah secara tradisional.

Namun, biaya ini dapat diimbangi dengan fakta bahwa hidroponik tidak memerlukan pupuk atau pestisida. Anda juga dapat mengontrol jenis nutrisi apa yang diterima tanaman Anda tanpa harus khawatir tanaman Anda akan sakit karena bahan kimia yang disemprotkan ke daun mereka untuk menghalau hama serangga. Hasil akhirnya? Tanaman yang lebih sehat dengan lebih sedikit masalah di kemudian hari!

Read Also
Share
Like this article? Invite your friends to read :D
Post a Comment