Panduan Lengkap: Cara Merapikan Tabel di Excel dengan Mudah

cara merapikan tabel di excel
Cara Merapikan Tabel Di Excel

Saiful Huda - Microsoft Excel memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam mengelola tabel di excel. Apabila table yang telah kamu buat di excel mengalami berantakan. Maka kamu bisa merapikan table dengan fitur yang ada di microsoft excel, yakni AutoFit Column Width.

Dengan menggunakan fitur AutoFit Column Width akan membuat pekerjaan yang kamu lakukan menjadi sangat efektif. Karena merapikan sebuah table di excel secara otomatis adalah fungsi dari fitur tersebut. Jadi kamu bisa manfaat kan fitur tersebut.

Sebenarnya fitur AutoFit Column Width hanya salah satu dari cara merapikan tabel di excel. Ada banyak macam cara merapikan tabel di excel. Kali ini saiful huda akan memberikan berbagai macam cara merapikan tabel di excel lebih jelas di bawah ini.

Cara Merapikan Tabel Di Excel

Tutorial ini akan memberikan beberapa ulasan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi yang sedang kamu kerjakan. Untuk cara merapikan tabel di excel akan terasa mudah dan efektif menurut kamu, apabila sesuai keadaan table excel yang ingin kamu rapikan.

1. Merapikan Ukuran Table Dengan Menggeser Secara Manual

  • Arahkan pointer pada sisi kolom yang mau dirapikan
  • Klik dan tahan, lalu geser ke kanan atau kiri sesuai keinginanmu.

2. Merapikan Ukuran Table Dengan 2x Klik

  • Arahkan pointer pada sisi kolom atau baris yang mau dirapikan
  • Klik 2x pada sisi tersebut, secara otomatis table tersebut akan menjadi rapi atau rata

3. Merapikan Table Di Excel Dengan Mouse

  • Seleksi semua table, Klik di pojok kiri atas antara kolom dan baris. Atau tekan tombol “ctrl + A” pada keyboard
  • Lalu klik “format“ pada menu home, dan pilih “autofit column width” untuk merapikan bagian kolom dan untuk merapikan bagian baris pilih “autofit row height“.

4. Merapikan Table Dengan Shortcut Keyboard

  • Seleksi semua table, dengan menekan tombol “Ctrl + A” pada keyboard.
  • Tekan Tombol "Alt". Maka akan muncul kode shortcut di toolbar
  • Tekan "H" yang merupakan kode menu "Home"
  • Tekan "O" yang merupakan kode tool "Format"
  • Tekan "T" yang merupakan kode fungsi "AutoFit Column Width"
  • Finish dan tabel menjadi rapi.

Cara Merapikan Tabel Di Excel Dengan Gambar

Jika Kamu masih belum paham dengan tutorial yang sudah saiful huda tuliskan diatas. Mungkin dengan memberikan gambar step by step nya membuat kamu lebih mudah untuk memahami dan mempraktekan cara merapikan tabel di excel. Simak yuk!

1. Pilihlah Tabel Yang Ingin Di Rapikan

Pada contoh berikut ini saya telah membuat table untuk list provinsi dan kota yang ada di Indonesia. Disini terlihat data di dalam table berbeda-beda dari angka dan huruf. Dan huruf dalam table tidak terbaca dengan jelas.

cara merapikan tabel di excel otomatis
cara merapikan tabel di excel otomatis

2. Seleksi Semua Cell Pada Worksheet

Untuk tahap ini kamu boleh menyeleksi semua cell pada worksheet dengan menekan “Ctrl + A” pada keyboard. Atau kamu bisa menyeleksi hanya di bagian table yang kamu ingin rapikan saja. Dan pada gambar di bawah ini saiful huda mengunakan “Ctrl + A”.

cara meratakan ukuran tabel di excel
cara meratakan ukuran tabel di excel

3. Menekan Tombol Fitur AutoFit Column Width

Dengan menekan Fitur AutoFit Column Width maka tabel di excel bisa berubah lebih rapi secara otomatis dan membuat tulisan atau angka dalam table bisa terbaca dengan baik. Untuk langkahnya kamu bisa menuju Menu Home >> Format >> AutoFit Column Width.

cara merapikan tabel di excel secara otomatis
cara merapikan tabel di excel secara otomatis

4. Tabel Pada Excel Berubah Rapi

Kamu bisa melihat ada perubahan pada tabel di excel menjadi lebih rapi dan terstruktur sesuai panjang dengan tulisan atau angka dalam tabel. Dan ini menjadi tahap akhir dari cara merapikan tabel di excel secara otomatis dengan fitur AutoFit Column Width.

cara merapikan tabel di excel dengan cepat
cara merapikan tabel di excel dengan cepat

Demikian cara merapikan tabel di excel yang dapat kamu gunakan untuk membuat data table excel lebih mudah dan enak dibaca. Dalam mengatur table excel yang berantakan agar lebih efesien, pilihlah dari beberapa tutorial diatas yang sesuai keadaan pekerjaan mu. Semoga bermanfaat.
Read Also
Share
Like this article? Invite your friends to read :D
Post a Comment