Cara Dapat Uang Dari Baca Wattpad

cara dapat uang dari baca wattpad
Cara Dapat Uang Dari Baca Wattpad

Cara dapat uang dari baca wattpad. sekarang ini banyak orang yang sudah berpenghasilan di Wattpad. Sebagai seorang yang gemar membaca dan menulis karya seperti artikel, puisi, novel, cerita fiksi dan lainnya. Mereka menyalurkan hobi ke sebuah website bernama Wattpad.

Jika kamu salahsatu dari mereka ada baiknya mengambil peluang dari Wattpad. Asal kamu tahu disini tidak hanya menyalurkan hobi saja, tetapi kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan uang lho. Kamu akan mendapatkan cuan di wattpad dari hasil karya tulisanmu.

Sebagai media untuk kamu menyalurkan hobi menulis yang asyik. Apabila karya tulisanmu memiliki banyak pengemar maka peluang cuan kamu akan semakin besar di Wattpad lho. Sangat menguntungkan, bukan? Selain duit, kamu juga mendapatkan sisi positif agar semangat menulis karya.

Untuk lebih jelasnya cara dapat uang dari baca wattpad. Disini saiful huda akan memberikan ulasan dan tutroial cara mendapatkan uang dari wattpad. Semakin bagus karya tulismu dan semakin banyak pengemarmu, maka semakin besa pula uang yang kamu hasil dari wattpad. Simak yuk!

Sekilas Tentang Watpadd

Wattpad adalah sebuah platform laman situs website yang mewadahi usernya untuk menulis karya dan mengungah karya tulis penggunanya. Wattpad dikenal pada tahun 2006 yang pada awalnya mayoritas pengunjungnya dari Amerika, Eropa, Filipina, Australia dan negara yang lain.

Dahulu pada 2006 silam Wattpad yang diperkenalkan oleh Allen Lau dan Ivan Yuen di Toronto, Kanada. Wattpad masih berupa situs website sederhana. Dari berjalannya waktu dan perkembang teknologi kini wattpad sudah memiliki app atau aplikasi yang bisa diunduh di playstore.

Sekarang sudah banyak yang mengunduh wattpad di playstore dengan jutaan pengguna. Semakin kesini sudah banyak karya yang terpublis di wattpad. Dan memiliki pembaca dan kreator yang mengambil peluang untuk mendapatkan uang dari wattpad dari anak sampai dewasa.

Cara Dapat Uang Dari Baca Wattpad

Wattpad sebagai media untuk menulis karya yang siapa saja dapat menerbitkan karya tulisnya disana.  Kamu perlu tahu sudah banyak lho yang dilirik oleh penerbit atau pelacak film. Untuk karya tulis yang sukses memiliki banyak pengemar dan pembaca di wattpad.

Karya tulis berupa novel yang telah dilirik oleh penerbit atau pelacak film, seperti seperti Dear Nathan, The Perfect Husband, Raja Ratu serta Rahasia, Saya Tidak suka Cinta, Matt serta Mou, Sin, Geez serta Ann. Dan penulis karya pun mendapatkan royalti sebab karya tulisnya telah diadaptasi untuk film.

Sekarang giliran kamu yang mengambil peluang ini lho. Kamu yang gemar menulis karya berupa novel, buku, cerita fiksi, dan karya lainnya. Tanpa mengeluarkan modal apapun cobalah tuangkan karyamu di Wattpad dan teruslah berkarya sambil mendapatkan uang.

Untuk cara dapat uang dari baca wattpad, kamu perlu lakukan seperti membaca artikel, puisi, cerita atau kamu bisa membuat karya tulis seperti novel, cerita fiksi, atau karya tulis lainnya di Wattpad. Jika kamu ingin membaca dan mendapatkan uang maka platform rekomendasi yaitu Gonovel.

Menulis Cerita Wattpad

Wattpad memang sebagai platform untuk menulis karya. Karya yang dapat kamu tulis juga bisa berupa sebuah cerita yang menarik. Buatlah karya tulis dengan judul, isi dan alur cerita yang menarik pembaca agar membuat pembaca penasaran terus menerus membaca karyamu.

Cerita kamu juga perlu mempunyai differensiasi dari penulis karya laimnya. Agar penerbit atau pelacak dokumen film lebih melirik hasil karya tulismu di wattpad ketimbang punya penulis lainnya. Dan kesempatan kamu untuk mendapatkan uang royaliti juga akan semakin besar,.

Wattpad Paid Stories

Wattpad memiliki fitur Paid Stories. Fitur ini membuat pembacanya diharuskan untuk membayar terlebih dahulu, apabila dia ingin melanjutkan membaca konten yang telah di publis oleh penulis karya. Dari paid story ini kamu bisa mengahsilkan uang, kabarnya bisa sampai 3 jutaan per bulan lho.

Untuk mendapatkan fitur paid stories ini. Wattpad sendiri akan megundang kamu untuk mengikuti program Paid Stories ke akun kamu secara langsung. Syaratnya karya tulis kamu sudah memiliki kualitas yang bagus dan memiliki banyak pengemar di Wattpad.

Rajinlah dalam membuat karya tulis yang konsisten agar akun kamu memilki insigt yang besar dan tingkat engagement serta aktivitas yang banyak dari pengemar tulisanmu. Paid Stories memang salahsatu cara dapat uang dari baca wattpad yang fitur ini membayar ke creator content nya.

Membuka Donasi Untuk Pembaca

Kamu bisa menyampaikan kepada pembaca karya tulismu di Wattpad. Untuk mengirimkan donasi apabila pembaca karya tulismu cukup senang dan mendukung kamu dalam membuat karya tulis. Jaga hubungan kamu dengan pembaca semakin baik.

Untuk menjaga hubungan kamu dengan pembaca sebaiknya kamu membuat akun media sosial lainya, seperti facebook, instagram, twitter dan platform media sosial lainnya. Dengan menjaga hubungan maka pembaca akan sukarela dalam berdonasi ke karya tulismu.

Mengirim Karya Tulis Ke Penerbit

Dengan mengirim karya tulis ke penerbit secara langsung mungkin akan lebih cepat mendapatkan pundi-pundi uang. Tentu saja, Kamu harus yakin bahwa karya tulis kamu sudah menarik dan bagus untuk diterbitkan. Biasanya penerbit sendiri yang menghubungi jika karya tulismu menarik pembaca.

Kamu yang sudah mengirimkan karya tulis ke penerbit. Apabila diterima maka penerbit bisa menerbitkan karya tulismu berupa bentuk fisik atau digital. Diatas sudah disingung kan ada beberapa film yang diadaptasi dari sebuah novel di wattpad. 

Tips Banyak Pembaca Di Wattpad

Setelah kamu mengikuti ulasan cara dapat uang dari baca wattpad di atas. Sekarang ada beberapa tips agar akun kamu muncul pada rekomendasi di wattpad sebagai karya tulis yang banyak di minati oleh banyak pembaca. Beberapa insight ada di bawah ini :

1. Riset Audience

Dalam menulis karya sebaiknya kamu tentukan dulu siapa yang akan menjadi pembaca dan pengemar dari karya tulismu. Kamu bisa menentukan audience ini dari umur, kelamin, dan genre tulisan yang di minati. Genre tulisan ini seperti fiction, romance, horor atau genre lainnya di wattpad.

2. Konsisten Menulis

Rajinlah dalam menulis secara teratur, kamu dapat menentukan waktu kapan akan mempublis karya tulismu di wattpad. Jangan biarkan pengemar kamu hilang begitu saja karena lama menunggu sambungan dari cerita karya tulisanmmu.

3. Cover Yang Menarik

Desain cover tulisan menjadi hal utama yang bisa mencuri perhatian pembaca. Ini adalah langkah awal supaya pembaca melanjutkan ke isi dari sebuah karya tulisanmu. Kamu bisa membuat cover semenarik mungkin yang bisa memikat mata para pembaca.

4. Jaga Hubungan Dengan Pembaca

Dengan menjaga hubungan dengan pembaca akan membuat akun kamu semakin di prioritaskan oleh pengemar karya tulismu. Kamu juga bisa meng like dan membalas komentar secara ramah ke pembaca. Dan bangun juga hubungan kamu ke sesama penulis untuk mendapat rekomendasi positif dari mereka.

5. Promosikan Di Sosial Media

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak pembaca lagi. Kamu perlu untuk mempromosikan tulisan kamu ke media sosial lainnya. Media soisal ini berfungsi agar mereka tahu bahwa kamu mempunyai karya tulis. Mereka yang tahu akan mengikuti karya tulis kamu di Wattpad sebagai pembaca.

Apakah Benar Dapat Uang Dari Baca Wattpad?

Ada juga pertanyaan dari warganet perihal "apa benar wattpad bisa menghasilkan uang?", tentu saja sebagian warganet bilang bahwa wattpad tidak bisa menghasilkan uang. Akan tetapi kamu dapat menghasilkan uang apabila kamu telah mempublis sebuah karya tulis di aplikasi wattpad.

Dari pembahasan diatas cara dapat uang dari baca wattpad. Untuk bisa menghasilkan uang harus membuat sebuah karya tulis dan mempublisnya ke wattpad. Jika karya tulis kamu banyak pembacanya, maka pihak wattpad akan mengundang kamu ke program Paid Stories untuk mendapat uang.

Akhir Kata

Nah! Cara dapat uang dari baca wattpad penjelasannya seperti diatas. Kamu mungkin ingin menambahkan informasi tentang cara mengahasilkan uang dari wattpad lainnya. Silahkan kamu bisa tulis di kolom komentar di bawah ya. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat!
Read Also
Share
Like this article? Invite your friends to read :D
Post a Comment