Saiful Huda

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat

cara menurunkan berat badan secara alami
cara menurunkan berat badan secara alami

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat. Sebagian besar orang berusaha untuk memiliki tubuh yang langsing ideal dengan alasan berbagai macam seperti penampilan, kesehatan, atau profesi pekerjaan.

Table of Contents

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat biasanya orang akan melakukan diet ekstrim dengan cara menurukan porsi makanan yang berlebihan. Tentu dengan cara diet ekstrim bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Tetapi cara tersebut tidak disarankan karena bisa menganggu kesehatan tubuh.

Terkadang untuk mendapatkan tubuh yang ideal dalam menurunkan berat badan. Beberapa orang juga mengkonsumsi pil pelangsing, operasi sedot lemak, atau jalan medis lainnya. Memang hal tersebut juga bisa mendapatkan hasil yang bagus dan cepat.

Akan tetapi meskipun usaha menurunkan berat badan seperti diatas sudah dilakukan dengan tepat dan baik. Ada juga yang menemui fenomena diet yoyo yakni berat badan naik-turun atau tidak konsisten. Jika terjadi diet yoyo hal ini bisa karena cara menurunkan berat badan tersebut kurang efektif.

Apalagi untuk sebagian orang ada yang merasa sulit untuk mendapatkan tubuh yang ideal dengan melakukan cara seperti diatas tersebut. Karena itu dalam artikel ini akan membagikancara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat sebenarnya mudah dilakukan untuk semua orang yang ingin mendapatkan tubuh yang ideal, asalkan mengetahui tips menurunkan berat badan dan bisa melakukan secara konsisten dengan baik setiap hari.

Simple nya untuk menurunkan berat badan secara alami dengan cepat. Bisa mengonsumsi kalori lebih sedikit dari biasanya dan melakukan aktivitas yang bisa membakar lemak dalam tubuh. Dan membuat rencana yang matang untuk mendukung pola menurunkan berat badan.

Ada cukup banyak cara menurunkan berat badan yang efektif tanpa jalan medis yang bisa dilakukan setiap hari. Tapi yang paling penting adalah cara itu harus aman! Maka dari untuk cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat, simak ulasannya dibawah ini :

1. Tentukan Target Menurunkan Berat Badan

Tetukan target berapa berat badan yang turun dalam per minggu atau bulan. Idealnya berat badan turun sebesar 0,5-1 kg seminggu dan 2-4 kg dalam sebulan. Hal itu merupakan batas aman dalam menurunkan berat badan secara alami untuk mengurangi resiko program diet Anda.

2. Berpikiran Optimis Dan Positif

Dalam menurunkan berat badan berpikir optimis sangat penting selama program diet berlangsung. Kontrol pikiran diri sendiri agar selalu positif untuk menjaga pola makan sehari-hari. Jangan mengkonsumsi makanan yang bisa menghancurkan rencana diet sendiri.

3. Selalu Aktif Bergerak

Selalu aktif bergerak disini maksudnya bukan dalam konotasi negatif seperti hyperaktif. Aktif bergerak di perlukan untuk mengeluarkan energi dalam tubuh Anda untuk mendukung program diet secara alami. Misalnya berjalan-jalan atau melakukan aktifitas remeh tidak hanya duduk diam, menonton TV, atau tidur berlebihan selama diet berlangsung.

4. Mencatat Pola Makan Dan Minum

Untuk menurunkan berat badan secara alami dengan cepat. Mencatat setiap makanan dan minuman yang sudah konsumsi merupakan langkah yang tepat untuk menyadari dan mengatur semua makanan yang telah dan akan dikonsumsi selama diet berlangsung.

5. Konsumsi Makanan Berprotein Dan Kaya Serat

Untuk membantu menurunkan berat badan secara alami dengan cepat. Mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat tinggi sangat dianjurkan dalam pola makan sehari-hari. Kandungan protein dalam makanan akan membantu seseorang mendapatkan rasa kenyang lebih lama.

Makanan berprotein tinggi yang bisa dikonsumsi seperti telur, mentega, kacang, ikan, kedelai, tahu, tempe, jamur, dan makanan protein lainnnya. Anda bisa memilih dan membuat daftar makanan yang ingin di konsumsi setiap hari. Untuk manfaat mengkonsumsi makanan berserat tinggi sebagai berikut :

  • Mengendalikan gula darah
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Memperlambat penyerapan glukosa
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah

Makanan berserat tinggi merupakan makanan rendah kalori yang bagus untuk dikonsumsi, misalnya sayuran, pisang, alpukat, pepaya, jagung, brokoli, beras merah, dan makanan lainnya. Anda bisa memilih makanan yang memuaskan sesuai selera untuk mencegah banyak makan.

6. Menghindari Kandungan Karbohidrat Dan Gula

Salahsatu cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat adalah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadungan karboidrat dan gula. Makanan karbohidrat merupakan makanan berat yang tidak mempunyai kandungan serat dan nutrisi lainnya.

Makanan berkarbohidrat seperti roti, kentang, pasta, nasi putih dan lainnya. Makanan ini sangat mudah menjadi kandungan glukosa. Kelebihan Glukosa dalam darah akan memicu hormon insulin dan menyebabkan meningkatnya penimbunan lemak dalam jaringan adiposa.

Penimbunan lemak ini akan berpengaruh pada berat badan kenaikan berat badan. Sehingga apabila Anda menurunkan berat badan secara alami dengan cepat lebih baik menghindari kandungan karbohidrat dan gula dan mengantinya dengan mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan gula.

7. Konsumsi Air Mineral

Mengkonsumsi air merupakan cara terbaik dalam menurunkan berat badan secara alami. Anda bisa minum air setelah makan untuk mengurangi porsi makan. Minum air juga membantu melancarkan fungsi pencernaan setelah mengkonsumsi makanan berserat tinggi sehingga memudahkan dalam buang air besar. Manfaat penting bagi tubuh seperti membantu metabolisme, kinerja ginjal dan lainnya.

8. Mengurangi Posi Makan

Mengurangi porsi makan bisa membantu lebih cepat penurunan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi makanan porsi kecil dengan cara menganti piring atau mangkuk yang lebih kecil dari ukuran biasanya. Hal ini untuk mengurangi jumlah kalori yang telah konsumsi setiap hari.

Lebih baik jika mengkonsumsi makanan porsi kecil 3x sehari atau 4-5x sehari. Dibandingkan mengkonsumsi makanan porsi besar walaupun itu hanya sekali daripada timbul masalah baru. Biasakan diri makan dalam porsi kecil untuk membantu menyukseskan program berat badan Anda.

9. Hindari Makan Malam

Mengkonsumsi makanan porsi kecil 3x sehari menjadikan energi dalam melakukan aktifitas seharian penuh di waktu pagi, siang, dan sore. Pada waktu malam hari tentu aktifitas tersebut telah selesai maka tidak perlu mengkonsumsi makanan lagi dan lebih baik mengkonsumsi air mineral atau jus buah.

10. Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup dapat membantu proses menurunkan berat badan secara alami dengan cepat. Karena kurang tidur dapat memicu hormon ghrelin yang dapat menyebabkan nafsu makan meningkat dari biasanya.

Kurang tidur juga dapat menganggu kesehatan tubuh dalam sistem metabolisme yakni memecah zat-zat nutrisi dari makanan untuk dijadikan energi dalam tubuh. Sehingga zat-zat nutrisi makanan tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak.

11. Konsisten Dengan Waktu Makan

Konsisten dengan waktu makan maksundya dengan makan secara teratur sesuai yang telah Anda rencanakan untuk program diet menurunkan berat badan secara alami yang telah dibuat. Menepati waktu makan ini penting mengingat apabila makan tidak teratur malah cenderung makan berlebihan.

12. Komitmen Untuk Menurunkan Berat Badan

Semua cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan bagus. Apabila tidak mempunyai komitmen yang kuat untuk menurunkan berat badan. Komitmen penting dibangun untuk menjaga konsistensi Anda dalam usaha mendapatkan tubuh ideal, misalnya mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan aktifitas lain-lainnya.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat Dengan Berolahraga

Untuk menurinkan berat badan dengan cepat alangkah baiknya dibarengi dengan melakukan kegiatan olahraga. Apalagi berolahraga bisa membuat tubuh semakin sehat dan menjaga kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Dalam masa diet tidak perlu berolahraga yang berat dan dibawah ini beberapa olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga. Anda dapat berolahraga setiap hari untuk menurunkan berat badan secara alami. Olahraga ini sangat cocok bagi yang anti dengan olahraga

13. Olahraga Sit-up dan Push-up

Anda bisa melakukan olahraga sit up dan push up setiap hari. Olahraga ini sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh terutama bagian perut dan dada. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan secara rutin misalnya 7x sit up dan 7x push up. Bila perlu naikan intensitas pada setiap hari.

14. Yoga

Yoga termasuk kategori olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan setiap hari. Menurut penelitian india membuktikan yoga dapat membantu dalam membuang racun dan gas berlebihan dalam tubuh. Alhasil mampu melancarkan proses pencernaan dan menghilangkan timbunan lemak perut.

Rutin melakukan yoga dapat mengasah mental, mengubah suasana hati dan pikiran. Sehingga memicu pembentukan hormon yang baik untuk sistem metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan dengan maksimal. Latihlah diri sendiri selama 15 menit setiap hari untuk membantu menurunkan berat badan.

15. Cardio

Olahraga cardio atau aerobik sangat efektif dalam membakar lemak dalam tubuh. Karena olahraga cardio melibatkan seluruh anggota tubuh yang bisa memperbaiki fungsi tubuh agar semakin baik. Tujuan utama cardio untuk meningkatkan kesehatan pada jantung dan paru-paru dalam tubuh.

Anda bisa melakukan olahraga cardio setiap hari misalnya berenang, berlari, bersepeda, dan lainnya. Olahraga cardio ini dapat membantu membakar lemak dan memperkuat otot-otot pada jaringan tubuh seperti otot tangan, otot perut, otot kaki, dan otot-otot lainnya.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Tradisional

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan kaya akan tanaman herbal. Tanaman herbal kini dapat diolah menjadi ramuan tradisional yang berkhasiat untuk membantu dalam proses menurunkan berat badan secara alami. Ramuan tradisional tersebut terbukti ampuh dan Anda bisa memanfaatkannya.

16. Minum Teh Hijau

Untuk menurunkan berat badan secara alami dengan ramuan tradisional yang terbukti ampuh. Salahsatu nya dengan mengkonsumsi minuman teh hijau. Teh hijau memiliki banyak sekali khasiat dan sejak dulu teh hijau dipercaya dapat menurunkan berat badan secara alami dengan cepat.

Minumlah teh hijau sebelum makan untuk mengurangi porsi makan Anda. Untuk mendapat hasil yang maksimal lebih baik mengkonsumsi teh hijau tanpa gula. Khasiat teh hijau juga dapat menurunkan kadar gula jahat dan mencegah kanker dalam tubuh karena kaya akan kandungan anti oksidan.

17. Minum Teh Campur Jeruk Nipis

Khasiat teh campur jeruk nipis sudah banyak dibicarakan salahsatunya adalah mampu menurunkan berat badan. Kandungan dalam teh campur jeruk nipis seperti vitamin c, vitamin e, asam folat, mineral, dan magnesium.

Selain berkhasiat menurunkan berat badan, teh campur jeruk nipis juga dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kemampuan penglihatan. Namun mengkonsumsi teh campur jeruk nipis ini tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan sakit maag.

18. Minum Madu dan Jahe

Mengonsumsi madu dapat mengurangi nafsu makan dan mencegah kenaikan berat badan. Selain itu madu mengandung zat fruktosa yang mampu membakar lemak tubuh secara tak langsung. Sedangkan jahe memiliki senyawa gingerol dan shogaol yang membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh melalui usus besar. Sehingga dapat membentuk berat badan ideak secara alami.

Demikian cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat. Untuk memaksimalkan hasil penurunan berat badan. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda mempunyai pantangan makan atau memiliki kebutuhan nutrisi khusus. Semoga bermanfaat.

Saiful Huda
Saiful Huda Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 (perkara) : sedekah jariyah, ilmu bermanfaat, atau doa anak yang sholeh. www.saifulhuda.com

Post a Comment for "Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat"